Saturday 4 February 2012

MERANCANG TAMAN SURGA

Saya sengaja memilih judul posting kali ini “Merancang Taman surge” karena terinspirasi dari tulisan seorang professor yang mengisi sebuah tabloid “Media Umat” yaitu bapak Prof. Dr. Ing Fahmi Amhar.
Setiap pulang dari kampus pasti sohibku selalu mengomentari tentang taman di depan sekolah dasar. Lumayan bagus sihhh…. Asyikk juga kalau buat foto-foto. Pingin rasanya!?!? Tapi hingga detik ini belum kesampean juga foto ditaman itu. Mau ditaruh dimana mukanya… hehehehe. Gak ding.
Beberapa waktu yang lalu, sekitar tiga bulan yang lalu mungkin kali ya. Saya sangat terpesona sekali dengan keindahan pulau jeju. Apalagi pemandangan padang bunganya. Gak nguati sekali. Indah sekali. Lihat pemandangan kaya gitu selalu inget film-film India gitu, para pemainnya berlarian terus sambil benyanyi. Lagi-lagi pingin ( ingin) mempraktekkanya. Berlarian dengan tangan terentang hahaha seru kali ya. Ngarep [dot] com.
Kaya gini ni fotonya. Sapa coba yang kagak ingin ke situ. Berasa di surga. Hehehe. Tapi yang pasti surga jauh lebih indah. Keindahan di dunia ni hanya seper70 dibanding keindahan di surga.





Subhanallah. Maha suci Allah. Inilah salah satu bukti kekuasaan Allah.
Melihat fotonya aja sudah bikin mata saya seger. Apalagi ngebayangin bener-bener bisa ke padang bunga pulau jeju. Ngimpi disiang bolong. N yang pasti berat di ongkos. Impian itu pupus deh,,,, hehehe
But setelah semalem baca artikelnya Prof Fahmi Amhar. Impian itu membara kembali. Kali ini bukan impian pergi ke taman bunga pulau Jeju tapi pergi ke taman Alhambra di Spanyol. Kenapa pikirannya Cuma piknik aja sih?!?!?!? He he. Maklum aja, akhir-akhir ini aktivitas lumayan full so perlu refresh gitu. Ngarep banget sih bias refresh ke negeri orang.
Next. Taman Alhambra Granada Spanyol adalah sebuah arsitektur karya orang islam. Kagak nyangka ya, sejatinya dahulu umat islam itu pada pinter-pinter n pernah begitu Berjaya. Salah satunya y ataman Alhambra itu tadi. Jadi nunjuk ke diri sendiri nih. Apa sumbangan ya udah saya kasih untuk Islam?!?!?!!?




Sebenarnya masih banyak lagi taman-taman hasil buatan arsitekture islam yang lain. Cuman kagak ke ekspos aja kali ya. Coz bagi kaum muslim taman adalah sesuatu yang melekat dalam peradapan islam, nyaris tidak ada arsitektur islam tanpa taman.
Sebuah taman dalam islam adlah tempat sejuk untuk istirahat dan mengingat surga. Allah berfirman :
Allah menjanjikan kepada orang-orang yang mukmin lelaki dan perempuan, (akan mendapat) syurga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di syurga Adn. Dan keredhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar.” (Qs 9:72)
            Tema umum dari taman islam tradisional adalah air dan bayangan. Wajarlah secara islam dating dari negeri yang beriklim panas lagi kering. Taman islam dimaksudkan untuk istirahat dan kontemplasi sehingga biasanya menyertakan banyak tempat duduk. Berbeda dengan konsep taman gaya inggris yang dirancang untuk jalan-jalan.
Yup itu tadi sekelumit taman karya arsitektur islam.
Taman bunga Pulau Jeju VS Taman Alhambra Granada Spanyol.
Pilih yang mana ya untuk di datangi terlebih dahulu. Hehehe. Mau yang mana sebenarnya sama saja. Tapi satu hal yang pasti yaitu semua itu merupakan satu bukti kebesaran Allah sehingga sebagai manusai yang lemah kita harus banyak-banyak bersyukur dan yang pasti selalu berusaha menjadi muslim yang kaffah.
Have a dreams itu sah-sah saja. So jangan takut untuk bermimpi. Hehehhe.

No comments:

Post a Comment