Wednesday 24 August 2016

Unsur-Unsur Peta


Pengertian Peta

Peta adalah gambar seluruh atau sebagian dari permukaan bumi yang dilukiskan ke suat bidang datar dengan perbandingan atau skala tertentu. Dengan pengertian tadi, kita dapat mengetahui bahwa peta hampir mirip dengan denah yaitu keduanya sama – sama menunjukkan suat tempat atau suat wilayah tertentu. Sedangkan perbedaannya adalah peta menunjukkan suat wilayah yang luas sementara denah hanya menunjukkan wilayah yang terbatas. Sekarang kita tahu apa perbedaan peta dan denah. 

Unsur –Unsur Peta

Unsur – unsur peta akan membuat kita mengetahui sebuah daerah. Sehingga peta yang baik akan memberikan informasi yang kita butuhkan seperti keadaan suat daerah, letak dan jarak suatu daerah dengan jelas dan tepat.
Adapun unsur – unsur peta ada 6 yaitu adalah sebagai berikut:

  1. Judul peta
  2. Garis tepi peta
  3. Legenda
  4. Skala
  5. Penunjuk arah (mata angin)
  6. Garis astronomi

JUDUL PETA

Judul peta ini akan menunjukkan nama peta. Biasanya judul peta ditulis di bagian atas dengan huruf yang agak menonjol. 

GARIS TEPI PETA

Garis tepi peta adalah batas – batas pinggir gambar peta. Garis tepi peta ini berfungsi untuk menuliskan angka – angka derajat astronomis

LEGENDA

Keterangan – keterangan yang menjelaskan simbol-simbol pada peta disebut dengan legenda. Legenda selalu terletak di bagian bawah, bisa sebelah kiri maupun kanan. Sedangkan maksud dari simbol adalah gambar – gambar yang digunakan untuk menunjukkan dan mewakili objek – objek peta, seperti simbol laut, pegunungan dst. 

SKALA

Perbandingan jarak pada peta dengan jarak yang sesungguhnya disebut sebagai skala. Peta selalu memakai skala sehingga peta dapat lebih kecil dari wujud aslinya. Meskipun demikian jarak, letak dan arahnya seperti keadaan yang sebenarnya. 

PENUNJUK ARAH (MATA ANGIN)

GARIS ASTRONOMI


No comments:

Post a Comment