Tuesday 5 July 2011

Berhati – hatilah pasang tampang di FB


Poto Profil FB

Setelah kemarin jalan-jalan plus foto-foto-an rasanya ada keinginan untuk ngeliatin bahwa “gue habis dari sini lho” kepada seluruh mahkluk di bumi. Wal hasil mulailah memilah-milah foto mana yang cocok dishare. “Eh mending dipasang aja buat poto profil (PP) FB”, batinku. Lalu terpasanglah PP dengan wujud tampang saya. Setelah sekian lama PP FB-ku hanya kartun saja.
“weh, sekarang dah berani pasang PP sendiri”. Kata seorang teman fb . Gubraaaakk …. its oke, tapi ini seperti menonjok kepala saya. Meskipun rasanya udah tertonjok, tapi tonjokan itu kagak memberikan efek apa-apa. Memang sih dulu saya dapat maklumat tentang bahaya pasang PP dengan wajah sendiri, tapi rupanya maklumat itu juga gak membuat saya mengganti kembali PP-saya.
Lalu ada status temen FB yang cukup menonjokku sampai ke nurani ku, gini bunyinya
“Haruskah kita mengorbankan jati diri kita sebagai muslimah demi status GAUL,Seksi atau Trend???

ini ni akibat Bentukkan sistem Bobrok!



Innalillahi, rasanya saya telah ditimpa musibah trend ala kapitalis. Bagaimana ini ??? sungguh saya seperti menjatuhkan harga diri saya sendiri, sebagai seorang muslimah. Yang membuat saya tambah sedih lagi adalah ada teman FB saya yang gara-gara saya dia juga ikut-ikutan pasang PP FB dengan wajahnya. Astagfirullah. Padahal dulu dia juga anti pasang PP fb wajah asli.
Saya merasa bersalah. Ada yang bilang kita harus menjaga ifah, yups. Saatnya menjaga jati diri plus harga diri seorang muslimah.Trima kasih Ya Allah telah mengingatkan saya melalui status seorang teman FB.
Awalnya saya hanya berencana melihat tautan teman tentang bahaya pasang Tampang di FB, maka sayapun menyempatkan searching dim bah google, tapi justru darisanalah saya mendapatkan berita yang cukup mencengankan. Ini tentang bahaya MENGUPLOD FOTO DI FACEBOOK
BAHAYA UPLOD FOTO di FB
Kenapa bahaya???
Soalnya Bila anda punya account Facebook dan pernah upload gambar, maka anda telah setuju dan menandatangani kontrak (secara digital tentunya), untuk setuju dengan apa yang dituliskan di dalam perjanjian dengan facebook. Siapa dari anda yg pernah baca bagian yang panjang dan kadang menyesatkan ini??. Langsung aja, tepatnya di bagian: User Content Posted on the Site di paragraf yang kedua, yang artinya kurang lebih seperti ini :
"Saat anda posting sesuatu baik gambar atau apapun ke facebook, maka anda mengizinkan facebook untuk mengcopy untuk tujuan apapun. Dengan memposting sesuatu ke facebook maka secara otomatis anda telah memberikannya kepada facebook dimana, tidak dapat ditarik kembali, terus menerus, non eksklusif, dapat dipindah tangankan, dianggap lunas, utk dipergunakan dimanapun diseluruh dunia, untuk dicopy, ditampilkan pada publik, reformat, dikutip (seluruhnya atau sebagian) dan didistribusikan untuk tujuan apapun, secara komersial, iklan, dsb. Jika anda memutuskan untuk menghapusnya, facebook dapat menyimpan copynya dan mempergunakannya untuk tujuan apapun."
Sungguh perjanjian yang menjerumuskan, mungkin tak pernah kita sadari, bahkan dulu tak pernah kita baca saat pertama kali membuat Fb, karena memang kontraknya berbahasa Inggris. so sering kita sepelekan. lebih tepatnya karena kagak bisa bahasa inggris. he he ,Bagi yang gak percaya silahkan buat akun fb baru dan perhatikan user content posted.
So buat anda yang eksis majang tampang berhati-hatilah karena foto yang anda uplod itu menjadi hak milik FB so  bisa kapan aja dipake poto anda tanpa sepengetahuan anda sekalipun… ngeriiiiiii.
            Maka janganlah mengorbankan jati diri sebagai muslimah hanya karena ikut-ikutan trend.. jangan sampe kita menyesal kemudian. (dinukil dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment